header-int

BERAMAL SAAT PANDEMI MENCIPTAKAN PERSATUAN DAN PERSAUDARAAN

Senin, 26 Apr 2021, 00:05:20 WIB - 115 View
Share
BERAMAL SAAT PANDEMI MENCIPTAKAN PERSATUAN DAN PERSAUDARAAN

Mempunyai inisiatif untuk terus berkembang di bulan ramadhan ini sungguh sebuah harapan bagi kaum muslimin. Begitupun bagi beberapa mahasiswa prodi PMI (Pengembangan Masarakat Islam) kampus UINKHAS Jember, terutama angkatan 2020  yang mengadakan kegiatan penunjang  sebagai bentuk penyambutan bulan ramadhan, yaitu bagi-bagi takjil dan buka bersama. Acara yang bertema, “Beramal Dalam Pandemi Menciptakan Persatuan Dan Persaudaraan.” Tersebut diselenggarakan pada Jum’at (16/4/2021) sore. 

Selain kegiatan bagi-bagi takjil dan buka bersama, mahasiswa prodi PMI 2020 juga membuka donasi dalam acara ini, donasi ini bisa berupa uang atau tenaga sebagai bentuk peluang dalam bersedekah sehingga bukan hanya mahasiswa prodi PMI saja yang ikut andil dalam acara ini, tetapi semua masyarakat ataupun mahasiswa dari instansi lain dapat menyalurkan sumbangsihnya melalui acara ini.

Kegiatan ini diawali dengan berkumpul di kediaman Intan yang mana merupakan mahasiswa aktif PMI 2 dalam pembuatan takjil diposisikan disana,  sehingga para mahasiswa mengumpulkan bahan-bahan dan alat-alatnya seperti gelas, buah-buahan, dan beberapa alat dapur yang sudah disiapkan jauh-jauh hari sebelum acara ini dilaksanakan. Kurang lebih ada 150 takjil yang akan dibagikan ke masyarakat nanti.

Usai semua perlengkapan takjil sudah siap, maka para mahasiswa mulai membagikan takjil di sekitar daerah kampus. Dalam pembagian takjil ini mereka mempunyai empat titik, yang pertama berada di lampu lalu lintas daerah Ajung, yang kedua lampu lalu lintas daerah Mangli, yang ketiga lampu lalu lintas daerah Transmart, dan yang keempat lampu lalu lintas daerah Argopuro. Sehingga dalam pembagian takjil ini mereka dibagi dalam empat kelompok, dan setiap kelompok mempunyai tempatnya masing-masing dalam membagikan takjil.

Setelah semua takjil sudah habis dibagikan di warga sekitar kampus yang berlalu lalang, tak lama berselang semua mahasiswa prodi PMI berkumpul di rumah makan depan kampus, karena tempat buka bersama sudah diposisikan disana. Dan di akhir acara yaitu sesi foto-foto juga tak terlewatkan di benak hati para mahasiswa,  sebagai bentuk bukti dari kegiatan ini yang terlaksana dengan sukses.

Selain beberapa kegiatan barusan, di acara ini juga terselip nilai gotong royong dan menyambung tali silaturahmi antar mahasiswa, pasalnya acara yang diadakan oleh prodi PMI 1 dan PMI 2 angkatan 2020 ini adalah acara perdananya, sehingga dalam acara ini juga dijadikan media bersambungnya tali silaturahmi antar PMI 1 dan PMI 2. (PMI Angkatan 2020)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2021 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube