header-int

DUA MAHASISWA PMI IKUT BERKONTRIBUSI DALAM RISET KOLEKTIF MAHASISWA (RKM)

Rabu, 11 Des 2019, 05:39:24 WIB - 96 View
Share
DUA MAHASISWA PMI IKUT BERKONTRIBUSI DALAM RISET KOLEKTIF MAHASISWA (RKM)

Sedikitnya 60 Mahasiwa Institut Agama Islam Negeri (IAIN)  Jember dari semua Prgram Studi yang terdiri dari 2 tim penelitian dalam satu kelompok, menikuti program Riset Kolektif Mahasiswa (RKM) yang di selenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Jember. Setiap program studi mengutus perwakilan mahasiswanya sebanyak 2 orang, kecuali program studi Pendidikan Agama Islam terdiri dari 6 orang karena program studi tersebut jumlahnya banyak namun tetap dibagi 2 orang perkelompok mengikuti kegiatan Riset Kolektif Mahasiswa yang diadakan di Dusun Baban Tengah Desa Mulyorejo Kecamatan Silo Kabupaten Jember sejak tanggal 2 Desember sampai dengan tanggal 7 Desember 2019.

            Riset Kolektif Mahasiswa merupakan salah satu program penelitian ditingkat mahasiswa yang difasilitasi oleh LP2M. Program RKM ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan wawasan mahasiswa di bidang penelitian, agar memiliki kemampuan meneliti yang memadai untuk menghasilkan penelitian yang bermutu dan berkualitas. Hal ini juga ditegaskan oleh ketua LP2M IAIN Jember, Imam Machfudi, Ph.D mengatakan bahwa ”RKM ini bertujuan untuk memberikan ruang dan akses mahasiswa dalam melatih skill meneliti sesuai dengan kompetensi keilmuan yang dimiliki sehingga nantiya dapat meghasilkan karya yang berkualitas serta bisa bermanfaat bagi masyarakat”.

            Dari berbagai program studi yang megikuti Riset Kolektif Mahasiswa ini terdapat dua mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Pengembagan Masyarakat Islam (PMI) yang turut berkontribusi yaitu Arini Zazkiyah Rahmah (PMI angkatan 2016) dan Muhammad Fajri (PMI angkatan 2017). Kegiatan RKM ini berlangsung selama 5 hari, setiap harinya terdapat materi kepenulisan dari Dosen IAIN Jember yang pakar dalam bidang kepenulisan dan terjun ke lapangan untuk proses pencarian data yang nantinya akan meghasilkan karya tulis ilmiah minimal 20-25 halaman dan topik yang diangkat sesuai dengan program studi masing-masing. Untuk Mahasiswa PMI sendiri megangkat tentang pola kesetaraan gender di pegunungan. Harapan adanya kegiata Riset Kolektif Mahasiswa ini nantinya menghasilkan penelitian yang berkualitas. Sesuai dengan yang dikatakan oleh Ketua LP2M IAIN Jember Imam Machfudi, Ph.D mengatakan ”semoga dengan adanya RKM ini dapat menghasilkan penelitian yang berkualitas dan semoga ada dana untuk membukukan hasil penelitian para peserta RKM tahun 2019, nanti akan diusahakan karena hasil penelitian ini nantinya dapat dijadikan referensi bagi mahasiswa RKM berikutya” pungkasnya. (Arini/PMI16/Edit by Obi)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2020 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube