header-int

KUNJUNGAN MAHASISWA PMI DI KUB SEKAR WANGI LUMAJANG

Kamis, 10 Jun 2021, 13:43:35 WIB - 25 View
Share
KUNJUNGAN MAHASISWA PMI DI KUB SEKAR WANGI LUMAJANG

Wawancara yang dilakukan oleh 7 mahasiswa pengembangan masyarakat islam wilayah Lumajang di UMKM pemberdayaan dan Kelompok Usaha Bersama  Sekar Wangi yang dilaksanakan pada hari senin tanggal 3 Mei 2021 bertempat di Desa Jatisari kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Usaha ini terbentuk sejak 2013 dan mampu bertahan hingga sekarang.

 Awal mula adanya Kelompok Usaha ini adalah ketika ada pelatihan kerajinan yang di lakukan oleh PT. Sampoerna, Tbk., Dari hasil Pelatihan tersebut Wiwik Astutik mencoba mempraktikan dan mengembangkannya serta mengajarkan pas masyarakat di sekitar rumahnya.

Pada mulanya Hasil dari kerajinan bambu hanya di promosikan kepada ibu ibu posyandu serta mengikuti bazar di sekolah-sekolah. Sampai pada akhirnya KUB ini mendapatkan tawaran untuk ikut serta dalam pameran yang diadakan oleh pemerintah Kab. Lumajang. Setelah dikenal luas oleh masyarakat, hasil dari KUB Sekar Wangi ini juga pernah mewakili Lumajang acara pameran di Jakarta yang juga berpengaruh pada penjualan hasil kerajinan Sekar Wangi. Yakni hingga ke luar jawa , diantaranya  Bali dan Kalimantan. “ anyaman semakin istiqomah dan nantinya akan bisa menjadi harapan Lumajang serta bisa membantu dalam segi perekonomian, baik bagi warga sekitar maupun masyarakat luas nantinya.” Harapan ibu Wiwik Astuti untuk kedepannya. (PMI 2019/ Networking HMPS)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2021 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube